BPSDM Lampung  Sukses jabarkan 33 Janji Kerja Gubernur  dengan Mereformasi birokrasi untuk meningkatkan efektivitas pemerintah dengan menciptakan sistem kerja berbasis kinerja dan kompetensi.

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDM) Provinsi Lampung dalam merealisasikan 33 Janji Agenda Kerja Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, terfokus pada Agenda Misi 2 (Dua) yakni Mewujudkan “good governance” untuk meningkatkan kualitas dan pemerataan pelayanan publik dengan 1 (satu) agenda kerja nomor  6 yakni Mereformasi birokrasi untuk meningkatkan efektivitas pemerintah dengan: a. menciptakan sistem kerja berbasis kinerja dan kompetensi

Berdasarkan data yang dihimpun gindhaansoriwayka.com dari  Yurnalis, S.IP,M.Si,  Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDM) Provinsi Lampung, berikut ini akan disampaikan capaiannya sejak tahun 2019 hingga 2024 selama Arinal Djunaidi menjabat sebagai Gubernur Lampung.

 

Pada Tahun 2019, BPSDM Provinsi Lampung telah melaksanakan Program Peningkatan Kapasitas Sumberdaya Aparatur, dengan kegiatan yakni Pendidikan dan Pelatihan Formal, Diklat Kepemimpinan Tingkat IV di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, Diklat Kepemimpinan Tingkat IV di Lingkungan Pemerintah Kabupaten/ Kota se-Provinsi Lampung.

Diklat Kepemimpinan Tingkat III di Lingkungan Pemerintah Kabupaten/ Kota se Provinsi Lampung, Pengembangan Kompetensi Inti Jabatan Administrasi Pelayanan Dasar dan Pilihan (Diklat Penatausahaan Aset Sekolah Menengah dan Kejuruan di  Bandar Lampung) dan (Diklat Penatausahaan Keuangan Sekolah Menengah di  Bandar Lampung).

Pengembangan Kompetensi Inti Jabatan Administrasi Non Pelayanan Dasar (Diklat Sistem Informasi Manajemen arsip  dan Pedoman Tata Naskah Dinas  Instansi Pemerintah Daerah), Pengembangan Kompetensi Inti Jabatan Administrasi Urusan Penunjang (Diklat RENSTRA OPD Bagi Pejabat Pengawas dan Pelaksana) dan (Diklat  Keprotokolan).

Pengembangan Kompetensi Umum (Diklat Bela Negara dilingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, Diklat Revolusi Mental Bagi Pejabat  Pengawas  dan Diklat Barang/Jasa),  Pengembangan Kompetensi Pilihan Jabatan Administrasi (Diklat Standar Pelayanan Minimal, Diklat Legal Draftin, Diklat Administrasi perpajakan dilingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, Workshop Capacity Building).

Pengembangan Kompetensi Jabatan Fungsional (Diklat Penguatan Pendidikan Karakter   dilingkungan Pemerintah  Provinsi Lampung, Diklat Pembentukan Pengawas Urusan Pemerintahan Daerah yang disesuaikan Inpassing, Diklat Pustakawan bagi Pustakawan  SMA/SMK). Diklat Prajabatan Golongan III CASN di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Kab/Kota se-Provinsi Lampung.

Adapun capain adalah mendukung agenda kerja Mereformasi birokrasi untuk meningkatkan efektivitas pemerintah dengan menciptakan sistem kerja berbasis kinerja dan kompetensi, BPSDM Daerah Provinsi Lampung melakukan berbagai kegiatan pengembangan kompetensi (diklat) untuk membekali ASN guna meningkatkan kompetensi dalam rangka memenuhi persyaratan kompetensi sesuai jabatannya yang mencakup kompetensi: teknis, fungsional, dan manajerial yang termuat dalam UU 5 tahun 2014 tentang ASN. BPSDM juga melaksanakan diklat struktural yang dilakukan untuk mencapai persyaratan kompetensi kepemimpinan aparatur pemerintah sesuai jenjang jabatan struktural dan diklat prajabatan yang merupakan syarat pengangkatan CPNS mejadi PNS.

Pada tahun 2019, Diklat Struktural yang dilakukan BPSDM yaitu: Diklatpim Tk. IV di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, serta Diklatpim Tk. III di lingkungan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung dengan total peserta Diklatpim Tk. IV sebanyak 120 orang dan Diklatpim Tk. III 73 orang.

Pengembangan Kompetensi/Diklat teknis tahun 2019 termuat dalam kegiatan Pengembangan Kompetensi Inti Jabatan Administrasi Pelayanan Dasar dan Pilihan, Pengembangan Kompetensi Jabatan Administrasi Non Pelayanan Dasar, Pengembangan Kompetensi Jabatan Administrasi Urusan Penunjang serta Pengembangan Kompetensi Umum, dan Pengembangan Kompetensi Pilihan jabatan administrasi dengan jumlah peserta yang mengikuti sebanyak 360 orang.

Diklat teknis ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan. Adapun pelaksanaan Pengembangan kompetensi jabatan fungsional diikuti sebanyak 160 orang peserta, yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang spesifik berkaitan dengan jabatan fungsional. Pada tahun 2019 BPSDM juga melaksanakan kegiatan Orientasi Anggota DPRD Kab/Kota Se Provinsi  Lampung periode 2019-2024. Untuk para CPNS dilakukan kegiatan Diklat Prajabatan Golongan III CASN di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Kab/Kota se-Provinsi Lampung yang diikuti sebanyak 226 orang CPNS PemProv dan 1211 orang CPNS PemKab/Kota.

Selain melaksanakan pengembangan kompetensi teknis, fungsional, manajerial, struktural dan Diklat prajabatan, BPSDM juga melakukan uji kompetensi untuk mengukur tingkat kompetensi pegawai apakah sudah sesuai dengan standar kompetensi jabatannya sebagai persyaratan kompetensi minimal yang harus dimiliki olah Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menjalankan tugas jabatan. Uji kompetensi yang dilakukan tahun 2019 berupa uji kompetensi jabatan fungsional Pol PP yang diikuti oleh 129 orang peserta, dengan peserta lulus uji kompetensi sebanyak 129 orang.

 

Pada Tahun 2020, BPSDM Provinsi Lampung telah melaksanakan 4 (Empat) Program yakni Pertama, Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur Manajerial, dengan kegiatan dengan sub kegiatan yakni Pengembangan Kompetensi Jabatan Pimpinan Daerah, Pengembangan Kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi dan Pengembangan Kompetensi Kepemimpinan dan Prajabatan (Diklatpim Tingkat III di lingkungan Pemerintah Kab/Kota se Provinsi Lampung, Diklatpim Tingkat IV di lingkungan Pemerintah Kab/Kota se Provinsi Lampung, Pelatihan Dasar CPNS di lingkungan Pemerintah Kab/Kota se Provinsi Lampung dan Diklat Prajab K2 di lingkungan Pemerintah Kab/Kota se Provinsi Lampung).

Kedua, Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur Teknis Inti, dengan kegiatan dengan sub kegiatan Pengembangan Kompetensi Inti Jabatan Administrasi Pelayanan Dasar dan Pilihan, Diklat Pengelolaan Keuangan SMA/ SMAK, Diklat Teknis Pengembangan Karier Polisi Pamong Praja Angkatan I dan II, Pengembangan Kompetensi Inti Jabatan Administrasi Non Pelayanan Dasar, Diklat Pengelolaan  Administrasi Desa Angkatan I dan II, Diklat Pengelolaan Keuangan Desa dan Pengembangan Kompetensi Inti Jabatan Administrasi Urusan Penunjang, Diklat  Pengelolaan Aset/Barang Milik Daerah Angkatan I dan II serta Diklat Penatausahaan Keuangan Perangkat Daerah

Ketiga, Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur Teknis Umum dan Fungsional, dengan kegiatan dengan sub kegiatan Pengembangan Kompetensi Umum (Diklat Revolusi Mental dan Diklat Standar Pelayanan Publik Berbasis Kompetensi dan Inovasi), Pengembangan Kompetensi Pilihan Jabatan Administrasi (Diklat Analisis Jabatan dan Beban Kerja dan Diklat Budaya Kerja) serta Pengembangan Kompetensi Jabatan Fungsional (Bimtek Penghitungan Angka Kredit bagi P2UPD, Diklat Penyuluhan Pertanian dan Diklat Peningkatan Mutu Guru serta Bimtek Penyuluh Anti Korupsi Bagi Guru SMA/SMK).

Keempat, Program Pembinaan dan pengembangan aparatur, Pengelolaaan Kelembagaan dan sumber belajar, dengan kegiatan dengan kegiatan Uji Kompetensi dan peningkatan kapasitas asesor.

Capaiannya adalah Pertama, Dalam mendukung agenda kerja Mereformasi birokrasi untuk meningkatkan efektivitas pemerintah dengan menciptakan sistem kerja berbasis kinerja dan kompetensi, BPSDM Daerah Provinsi Lampung melakukan berbagai kegiatan pengembangan kompetensi (diklat) untuk membekali ASN guna meningkatkan kompetensi dalam rangka memenuhi persyaratan kompetensi sesuai jabatannya yang mencakup kompetensi: teknis, fungsional, dan manajerial yang termuat dalam UU 5 tahun 2014 tentang ASN. BPSDM juga melaksanakan diklat struktural yang dilakukan untuk mencapai persyaratan kompetensi kepemimpinan aparatur pemerintah sesuai jenjang jabatan struktural dan diklat prajabatan yang merupakan syarat pengangkatan CPNS mejadi PNS.

Kedua, Pada tahun 2020, BPSDM melaksanakan Pengembangan Kompetensi Jabatan Pimpinan Daerah/Bimtek Camat di lingkungan pemerintah kab/kota dengan peserta sebanyak 60 orang dan Pengembangan Kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama sebanyak 58 orang. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku dalam memimpin dan/atau mengelola unit organisasi. Kemudian Diklatpim Tk. IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung yang diikuti 40 orang peserta, serta Diklatpim Tk. III di lingkungan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang. Untuk para CPNS, dilakukan kegiatan Pelatihan Dasar CPNS di lingkungan Pemerintah Kab/Kota se Provinsi Lampung yang diikuti sebanyak 442 orang CPNS dan Diklat Prajab K2 di lingkungan Pemerintah Kab/Kota se Provinsi Lampung dengan jumlah peserta sebanyak 121 orang CPNS

Ketiga, Pengembangan Kompetensi/ Diklat teknis dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan. Pada tahun 2020, pelaksanaan diklat teknis termuat dalam kegiatan Pengembangan Kompetensi Inti Jabatan Administrasi Pelayanan Dasar dan Pilihan, Jabatan Administrasi Non Pelayanan Dasar, Jabatan Administrasi Urusan Penunjang serta Pengembangan Kompetensi Umum dan Pilihan dengan jumlah peserta yang mengikuti sebanyak 296 Orang ASN Pemprov dan 86 orang aparatur desa. Adapun pelaksanaan Pengembangan kompetensi jabatan fungsional diikuti sebanyak 278 Orang ASN Pemprov dan 82 orang ASN Pemkab/pemkot, yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang spesifik berkaitan dengan jabatan fungsional.

Keempat, Selain melaksanakan pengembangan kompetensi teknis, fungsional, manajerial, struktural dan Diklat prajabatan, BPSDM juga melakukan uji kompetensi untuk mengukur tingkat kompetensi pegawai sesuai standar kompetensi jabatannya sebagai persyaratan kompetensi minimal yang harus dimiliki ASN dalam menjalankan tugas jabatan. Uji kompetensi di tahun 2020 berupa uji kompetensi jabatan fungsional Pol PP yang diikuti oleh 129 orang peserta.

 

Pada Tahun 2021, BPSDM Provinsi Lampung telah melaksanakan 2 (dua) Program Pengembangan Sumber Daya Manusia  yakni Pertama, Kegiatan Pengembangan Kompetensi Teknis dengan Sub kegiatan Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi Teknis Umum Inti dan Pilihan Bagi Jabatan Administrasi Penyelenggara Urusan Pemerintahan Konkuren Perangkat Daerah Penunjang dan Urusan Pemerintahan Umum.

Pada sub kegiatan ini telah dilaksanakan program Workshop Kompetensi Excellent Public Speaking bagi Aparatur, Diklat Konvensi hak anak angkatan I dan II, Diklat Pengelolaan keuangan desa angkatan II, Diklat Penyusunan produk hukum desa angkatan I, Diklat Pengelolaan terminal, Diklat Penatausahaan Keuangan Sekolah dan Diklat Pengadaan Barang/Jasa Tingkat Dasar Angkatan I dan II, Diklat Manajemen Kepegawaian, Diklat Capacity building Bagi Esselon IV dan Diklat Pajak dan retribusi daerah serta Diklat  Industrialisasi Pertanian.

Kedua, Kegiatan Sertifikasi Kelembagaan Pengembangan Kompetensi Manajerial dan Fungsional dengan Sub kegiatan Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi di Lingkungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, Sub Kegiatan Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi Bagi Pimpinan Daerah Jabatan Pimpinan Tinggi  Jabatan Fungsional Kepemimpinan dan Prajabatan dan  Workshop Pengembangan Kompetensi Bagi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama.

Bimtek Pengembangan Kompetensi Camat Di Lingkungan Kab/Kota se Provinsi Lampung, Pelatihan Kepemimpinan Administrator Di Lingkungan Pemerintah Kab/Kota se Provinsi Lampung, Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Di Lingkungan Pemerintah Kab/Kota se Provinsi Lampung, Latihan Dasar CPNS Di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, Latihan Dasar CPNS Di Lingkungan Pemerintah Kab/Kota se Provinsi Lampung, Diklat Penyuluh Kehutanan Angkatan I dan II dan Diklat Penyuluh Pertanian serta Diklat INSERSI PENDIDIKAN Lalu Lintas Bagi Guru SMA/SMK Angkatan I dan II.

Capaiannya adalah Dalam mendukung agenda kerja Mereformasi birokrasi untuk meningkatkan efektivitas pemerintah dengan menciptakan sistem kerja berbasis kinerja dan kompetensi, BPSDM Daerah Provinsi Lampung melakukan berbagai kegiatan pengembangan kompetensi untuk membekali ASN guna meningkatkan kompetensi dalam rangka memenuhi persyaratan kompetensi sesuai jabatannya yang mencakup kompetensi: teknis, fungsional, dan manajerial yang termuat dalam UU 5 tahun 2014 tentang ASN. BPSDM juga melaksanakan pelatihan struktural kepemimpinan yang dilakukan untuk mencapai persyaratan kompetensi kepemimpinan aparatur pemerintah sesuai jenjang jabatan struktural dan Latsar CPNS yang merupakan syarat pengangkatan CPNS mejadi PNS.

Pada tahun 2021 Pengembangan Kompetensi teknis yang dilakukan BPSDM termuat dalam Sub kegiatan Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi Teknis Umum Inti dan Pilihan Bagi Jabatan Administrasi Penyelenggara Urusan Pemerintahan Konkuren Perangkat Daerah Penunjang dan Urusan Pemerintahan Umum, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan dengan jumlah peserta yang mengikuti sebanyak 314 orang ASN Pemprov dan 103 orang ASN/aparatur Pemkab/Kota. Adapun pelaksanaan Pengembangan kompetensi jabatan fungsional diikuti sebanyak 110 orang ASN Pemprov dan 30 orang ASN Pemkab/Kota, dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang spesifik berkaitan dengan jabatan fungsional.

Selanjutnya BPSDM juga melaksanakan Pengembangan Kompetensi manajerial bagi Jabatan Pimpinan Daerah/Bimtek Camat di lingkungan pemerintah kab/kota dengan peserta sebanyak 60 orang dan Pengembangan Kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama sebanyak 58 orang. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku dalam memimpin dan/atau mengelola unit organisasi. Kemudian Pelatihan Kepemimpinan Pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung yang diikuti 40 orang peserta, serta Pelatihan Kepemimpinan Administrator di lingkungan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang. Untuk para CPNS, dilakukan kegiatan Pelatihan Dasar CPNS di lingkungan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kab/Kota se Provinsi Lampung yang diikuti sebanyak 81 orang CPNS Pemprov dan 639 orang CPNS Pemkab/Kota.

Pada tahun 2021 BPSDM melaksanakan uji kompetensi pemerintahan, bertujuan untuk mengukur tingkat kompetensi pegawai apakah sudah sesuai dengan standar kompetensi jabatannya sebagai persyaratan kompetensi minimal yang harus dimiliki olah Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menjalankan tugas jabatan. Uji kompetensi diikuti oleh 100 orang peserta pejabat administrator dan pengawas dilingkungan Pemerintah Provinsi.

 

Pada Tahun 2022, BPSDM Provinsi Lampung telah melaksanakan 2 (dua) Program Pengembangan Sumber Daya Manusia yakni Pertama, Kegiatan Pengembangan Kompetensi Teknis, Sub kegiatan Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi Teknis Umum Inti dan Pilihan Bagi Jabatan Administrasi Penyelenggara Urusan Pemerintahan Konkuren Perangkat Daerah Penunjang dan Urusan Pemerintahan Umum.

Beberapa program yang dilaksanakan adalah Diklat Dasar Manajemen Penanggulangan Bencana Angkatan I dan II, Diklat Pengadaan Barang Dan Jasa Pemerintah, Diklat Legal Drafting, Diklat Bela Negara Berbasis Profesi, Diklat Karakter Kebangsaan Indonesia, Diklat Reviu Rencana Kerja Perangkat Daerah Bagi APIP, Diklat Perencanaan Pembangunan Daerah Di Lingkungan Pemerintah Kab/Kota Se Provinsi Lampung Angkatan I s.d IV, Workshop Strategi Mempertahankan Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi Lampung Dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Bagi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Pengelola Keuangan.

Diklat Manajemen ASN Angkatan I dan II, Diklat Pengelolaan Keuangan Pemerintah Daerah Di Lingkungan Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota Se Provinsi Lampung, Diklat Manajemen UKM Dilingkungan Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota Se Provinsi Lampung, Diklat Manajemen Operator Terminal Dan Badan Usaha Pelabuhan (BUP) Dilingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, Diklat Fasilititasi Pemanfaatan Data Kependudukan Dilingkungan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota Se Provinsi Lampung, Diklat Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Menengah Atas/Kejuruan Dilingkungan Pemerintah Provinsi Lampung dan Diklat Pelaksana Ketertiban Umum Dan Ketentraman Masyarakat Polisi Pamong Praja Dilingkungan Pemerintah Provinsi Lampung serta Diklat Peningkatan Kapasitas Tenaga Administrasi Sekolah Di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung

Kedua, Kegiatan Sertifikasi Kelembagaan Pengembangan Kompetensi Manajerial dan Fungsional dengan Sub kegiatan Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi di Lingkungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota dan Sub Kegiatan Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi Bagi Pimpinan Daerah Jabatan Pimpinan Tinggi  Jabatan Fungsional Kepemimpinan dan Prajabatan.

Workshop Pengembangan Kompetensi Bagi JPTP Di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, Bimbingan Teknis Pengembangan Kompetensi Pimpinan Daerah/Camat Kab/Kota Se-Provinsi Lampung, Pelatihan Kepemimpinan Administrator Di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, Pelatihan Kepemimpinan Administrator Di Lingkungan Pemerintah Kab/Kota se Provinsi Lampung,

Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Di Lingkungan Pemerintah Kab/Kota se Provinsi Lampung, Latihan Dasar CPNS Di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, Latihan Dasar CPNS Di Lingkungan PemKab/Kota se Provinsi Lampung, Diklat Peningkatan Kapasitas Polisi Kehutanan dan Bimtek Penyusunan Angka Kredit Bagi Pejabat Fungsional Analis SDM Aparatur serta Bimtek Tim Penilai Dan Penilaian Dupak Jabfung Analis SDM Aparatur Angkatan I dan II.

Capaiannya adalah Dalam mendukung agenda kerja Mereformasi birokrasi untuk meningkatkan efektivitas pemerintah dengan menciptakan sistem kerja berbasis kinerja dan kompetensi, BPSDM Daerah Provinsi Lampung melakukan kegiatan pengembangan kompetensi untuk membekali ASN guna meningkatkan kompetensi dalam rangka memenuhi persyaratan kompetensi sesuai jabatannya mencakup kompetensi: teknis, fungsional, dan manajerial. BPSDM juga melaksanakan pelatihan struktural kepemimpinan yang dilakukan untuk mencapai persyaratan kompetensi kepemimpinan aparatur pemerintah sesuai jenjang jabatan struktural dan Latsar CPNS yang merupakan syarat pengangkatan CPNS menjadi PNS.

Pada tahun 2022 Pengembangan Kompetensi teknis yang dilakukan termuat dalam Sub kegiatan Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi Teknis Umum Inti dan Pilihan Bagi Jabatan Administrasi Penyelenggara Urusan Pemerintahan Konkuren Perangkat Daerah Penunjang dan Urusan Pemerintahan Umum, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan yang diikuti oleh 627 orang ASN Pemprov dan 183 orang ASN/aparatur Pemkab/Kota. Adapun Pengembangan kompetensi jabatan fungsional diikuti sebanyak 60 orang ASN Pemprov dan 60 orang ASN Pemkab/Kota, dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang spesifik berkaitan dengan jabatan fungsional.

BPSDM juga melaksanakan Pengembangan Kompetensi manajerial berupa Bimtek bagi jabatan pimpinan daerah/Camat di lingkungan pemerintah kab/kota dengan peserta sebanyak 60 orang dan Workshop bagi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama sebanyak 58 orang. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku dalam memimpin dan/atau mengelola unit organisasi. Kemudian Pelatihan Kepemimpinan Pengawas di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung yang diikuti 40 orang peserta, Pelatihan Kepemimpinan Administrator di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung sebanyak 40 orang, Pelatihan Kepemimpinan Pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung sebanyak 40 orang, serta Pelatihan Kepemimpinan Administrator di lingkungan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung sebanyak 40 orang. Serta Pelatihan Dasar CPNS di lingkungan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kab/Kota se Provinsi Lampung yang diikuti sebanyak 328 orang CPNS Pemprov dan 936 orang CPNS Pemkab/Kota.

Pada tahun 2022 BPSDM melaksanakan uji kompetensi bagi pejabat fungsional Pol PP dan P2UPD, bertujuan untuk mengukur tingkat kompetensi pegawai apakah sudah sesuai dengan standar kompetensi jabatannya sebagai persyaratan kompetensi minimal yang harus dimiliki olah Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menjalankan tugas jabatan. Peserta yang lulus uji kompetensi sebanyak 54 orang pejabat fungsional.

 

Pada Tahun 2023, BPSDM Provinsi Lampung telah melaksanakan 2 (dua) Program Pengembangan Sumber Daya Manusia yakni Pertama, Program Pengembangan Sumber Daya Manusia, dengan Kegiatan Pengembangan Kompetensi Teknis dengan Sub kegiatan Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi Teknis Umum Inti dan Pilihan Bagi Jabatan Administrasi Penyelenggara Urusan Pemerintahan Konkuren Perangkat Daerah Penunjang dan Urusan Pemerintahan Umum.

Kegiatan yang akan dilaksanakan adalah Diklat Pengelolaan Keuangan Pemerintah Daerah Angkatan I dan II, Diklat Pengelolaan Barang Milik Daerah, Diklat Pengelolaan Media Sosial Angkatan I dan II, Diklat Peningkatan Kapasitas Tenaga Administrasi Sekolah, Diklat Keselamatan, Kesehatan Kerja Menuju Safety Culture Bagi ASN, Diklat Tata Kelola dan Manajemen Koperasi Modern, Diklat Kelembagaan Pengurangan Resiko Bencana di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, Diklat Pengelolaan Arsip Elektronik, Diklat Manajemen ASN, Diklat Teknis Manajemen Resiko Pengadaan Barang/Jasa, Diklat Revolusi Mental Bagi Jabatan Pelaksana dan Diklat ASN DIGITAL Berakhlak serta Diklat Barang dan Jasa Level 1 dan Uji kompetensi.

Kedua, Kegiatan Sertifikasi Kelembagaan Pengembangan Kompetensi Manajerial dan Fungsional dengan Sub kegiatan Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi diLingkungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota dan Sub Kegiatan Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi Bagi Pimpinan Daerah Jabatan Pimpinan Tinggi  Jabatan Fungsional Kepemimpinan dan Prajabatan.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan adalah Bimbingan Teknis Pengembangan Kompetensi Bagi Pimpinan Daerah, Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) II Di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Kab/Kota Se Provinsi Lampung, Pelatihan Kepemimpinan Administrator Dilingkungan PemProvinsi Lampung dan PemKab/Kota Se Provinsi Lampung, Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Dilingkungan Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Kab/Kota Se Provinsi Lampung, Pelatihan Latsar CPNS Dilingkungan Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Kab/Kota Se Provinsi Lampung dan Diklat Khusus Analis Kebijakan serta Diklat Fungsional Analis SDMA

Capaiannya adalah Dukungan agenda kerja Mereformasi birokrasi untuk meningkatkan efektivitas pemerintah dengan menciptakan sistem kerja berbasis kinerja dan kompetensi, dilakukan melalui kegiatan pengembangan kompetensi untuk membekali ASN guna meningkatkan kompetensi dalam rangka memenuhi persyaratan kompetensi sesuai jabatannya yang mencakup kompetensi: teknis, fungsional, dan manajerial yang termuat dalam UU 5 tahun 2014 tentang ASN. BPSDM juga melaksanakan pelatihan struktural kepemimpinan yang dilakukan untuk mencapai persyaratan kompetensi kepemimpinan aparatur pemerintah sesuai jenjang jabatan struktural dan Latsar CPNS yang merupakan syarat pengangkatan CPNS menjadi PNS.

Pelaksanaan diklat teknis termuat dalam Sub kegiatan Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi Teknis Umum Inti dan Pilihan Bagi Jabatan Administrasi Penyelenggara Urusan Pemerintahan Konkuren Perangkat Daerah Penunjang dan Urusan Pemerintahan Umum, yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang spesifik berkaitan dengan teknis jabatan yang diikuti 417 orang ASN Pemprov dan 30 orang ASN Pemkab/Kota. Pengembangan kompetensi jabatan fungsional diikuti 90 orang ASN Pemprov dan 30 orang ASN Pemkab/Kota, dalam rangka meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang spesifik berkaitan dengan jabatan fungsional.

BPSDM juga melaksanakan Pengembangan Kompetensi manajerial berupa Bimtek Camat di lingkungan pemkab/kota dengan peserta 60 orang, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap/perilaku dalam memimpin unit organisasi. Kemudian Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) II Di Lingkungan PemProv Lampung dan PemKab/Kota Se Provinsi Lampung diikuti 60 orang peserta, Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Di Lingkungan PemProv Lampung dan PemKab/Kota Se Provinsi Lampung sebanyak 40 orang peserta, Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Di Lingkungan PemProv Lampung dan PemKab/Kota Se Provinsi Lampung sebanyak 80 orang. Untuk CPNS dilakukan Pelatihan Dasar CPNS di lingkungan Pemerintah Kab/Kota se Provinsi Lampung yang diikuti sebanyak 909 orang CPNS Pemkab/Kota.

Pada tahun 2023 BPSDM melaksanakan uji kompetensi bagi pejabat fungsional Pol PP dan P2UPD, bertujuan untuk mengukur tingkat kompetensi pegawai apakah sudah sesuai dengan standar kompetensi jabatannya sebagai persyaratan kompetensi minimal yang harus dimiliki oleh ASN dalam menjalankan tugas jabatan. Peserta yang lulus uji kompetensi sebanyak 57 orang pejabat fungsional.

 

Pada Tahun 2024, BPSDM Provinsi Lampung telah melaksanakan 2 (dua) Program Pengembangan Sumber Daya Manusia yakni Pertama, Kegiatan Pengembangan Kompetensi Teknis, Sub kegiatan Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi Teknis Umum Inti dan Pilihan Bagi Jabatan Administrasi Penyelenggara Urusan Pemerintahan Konkuren Perangkat Daerah Penunjang dan Urusan Pemerintahan Umum.

Kedua, Kegiatan Sertifikasi Kelembagaan Pengembangan Kompetensi Manajerial dan Fungsional, Sub kegiatan Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi di Lingkungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/ Kota dan Sub Kegiatan Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi Bagi Pimpinan Daerah Jabatan Pimpinan Tinggi  Jabatan Fungsional Kepemimpinan dan Prajabatan.

Capaiannya adalah Dukungan terhadap agenda kerja Mereformasi birokrasi untuk meningkatkan efektivitas pemerintah dengan menciptakan sistem kerja berbasis kinerja dan kompetensi, dilakukan melalui kegiatan pengembangan kompetensi untuk membekali ASN guna meningkatkan kompetensi dalam rangka memenuhi persyaratan kompetensi sesuai jabatannya (kompetensi: teknis, fungsional, dan manajerial). Selain itu BPSDM melaksanakan pelatihan struktural kepemimpinan guna mencapai persyaratan kompetensi kepemimpinan aparatur sesuai jenjang jabatan struktural, dan Latsar CPNS yang merupakan syarat pengangkatan CPNS menjadi PNS.

Sampai bulan April TA 2024, pengembangan kompetensi yang telah dilaksanakan: Pelatihan Kepemimpinan Administrator Dilingkungan Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Kab/Kota Se Provinsi Lampung angkatan I s.d II sebanyak 80 orang, Latsar CPNS Di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Kab/Kota Se Provinsi Lampung Angkatan I s.d IV sebanyak 140 orang CPNS Provinsi dan 3 Orang CPNS Kab/Kota, dan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Dilingkungan Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Kab/Kota Se Provinsi Lampung sebanyak 40 orang, serta Pelatihan Teknis Perbendaharaan Keuangan Daerah Angkatan I sebanyak 30 orang. Adapun pelatihan teknis dan fungsional lainnya, pelatihan manajerial, pelatihan struktural kepemimpinan PKN II, Pelatihan Kepemimpinan Administrator Dilingkungan Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Kab/Kota Se Provinsi Lampung angkatan III s.d V, Orientasi PPPK dan uji kompetensi akan dilakukan pada triwulan II periode Mei s.d Desember 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *